Rabu, 12 Desember 2012

Hijaukan Indonesia

Image
Mengajak Anak – Anak Menjaga Alam Indonesia
Untuk membentuk generasi yang bisa mensyukuri anugerah Tuhan YME. Saya mempunyai ide untuk mengajak anak – anak lebih mengenal alam, agar muncul rasa bahagia menikmati indahnya alam dan rasa ingin menjaga alam.
Dimulai dari mengajak anak Sekolah Dasar, memberikan edukasi tentang membuang sampah pada tempatnya, reboisasi, dampak negatif bila tidak menjaga lingkungan alam kita, mengajak terjun langsung melihat alam, mengajak reboisasi dan cara memanfaatkan alam dengan baik.
Cita – cita saya ingin sekali membuat sebuah agenda kepada pelajar sekolah dasar, untuk mengajak reboisasi. Karena selain menjadi belajar langsung, anak – anak akan terpicu semangatnya untuk bermain dan secara tidak langsung mereka merekam kegiatan itu.
Akan lebih bagus lagi, jika ada pelajaran khusus untuk mengenal alam, menjaga alam dan memperbaiki alam. Walaupun hanya 1 bulan 1 kali, tapi saya rasa anak – anak akan merasa senang dengan pelajaran itu. Karena pada masa mereka, mereka harus aktif dan tidak hanya dijejali pelajaran yang menguras otak mereka. Sesekali diajak refreshing, jalan – jalan, aksi penanaman pohon, membersihkan area yang kotor akan sampah dan diajarkan cara mengelola sampah.
Karena kunci semua ini adalah kesadaran pada diri kita akan lingkungan dan generasi yang bagaimana menyikapi lingkungan atas apa yang mereka dapatkan dari orang dewasa disekitarnya.
Mengusulkan Hari Kerja Bakti Nasional
Tidak ada kata terlambat untuk mengajak masyarakat membuka hati kepada lingkungan. Saat ini hanya sedikit masyarakat yang masih sadar akan arti gotong – royong. Itupun kebanyakan ada di daerah pedesaan, karena memang itu tradisi turun temurun.
Coba lihat di kawasan kota – kota besar. Masyarakat yang acuh tak acuh kepada sesama masyarakat, sudah menjadi bukti nyata pudarnya rasa persatuan. Karena pudarnya rasa persatuan, berdampak pada kondisi lingkungan di kawasan itu. Contohnya, kalau saya sudah merasa nyaman dengan apa yang saya perbuat (seperti : membuang sampah sembarangan, memiliki kendaraan mewah yang memicu polusi berkepanjangan, memperluas pembangunan tanpa ada reboisasi/penghijauan ulang), maka saya tidak akan memperdulikan orang lain mengenai dampak yang akan terjadi.
Saya merasa cemburu kepada masyarakat di zaman dulu. Sehat, menggunakan alam seperlunya dan menjaga lingkungan/alam. Siapa yang tidak tersenyum bahagia ketika melihat hutan, bukit, gunung dan lautan kita bersih, hijau dan asri.Hanya itulah sepenggal tulisan ide dari saya untuk Indonesia yang saya ikut sertakan dalam event http://www.apaidemu.com/ semoga membantu :) Salam Rimba! Sitalasma!

Tidak ada komentar: